Uncategorized

PLN Terus Tingkatkan Layanan pada Pelanggan


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir bertekad akan terus meningkatkan layanan terhadap seluruh pelanggannya. Oleh karena itulah, dia secara langsung sengaja berkunjung ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Senin (4/9), untuk mengecek pelayanan listrik di tempat tersebut sebagai wujud apresiasi terhadap pelanggan.

Bersilaturahmi dengan jajaran direksi RSCM, menurut Sofyan, pihaknya juga bisa mendengarkan masukan dari RSCM demi peningkatan pelayanan yang lebih baik pada masa mendatang. Apalagi, kunjungan ini bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2017.

Pihak RSCM juga mengapresiasi langkah PLN. Dirut RSCM Heriawan Soejono bahkan menilai layanan dari PLN makin baik. “Belakangan ini PLN jauh lebih responsif dengan apa yang disampaikan pelanggan. Ini menunjukkan kinerja PLN yang semakin membaik. Perbaikan terhadap gangguan juga sangat cepat dan pelayanannya semakin membaik. Harapan kami agar PLN terus menyala di RSCM dan tidak ada matinya,” ujar Heriawan.

Sofyan menyatakan, PLN siap memberikan pelayanan yang terbaik dan menjaga keandalan listrik di RSCM. Tentu layanan yang baik harus diberikan agar semua pasien dan kegiatan kedokteran bisa berjalan dengan lancar tanpa ada gangguan kelistrikan. PLN menurutnya akan siaga 24 jam penuh untuk memberikan pelayanan terbaik bagi rumah sakit karena pelayanan umum menjadi salah satu prioritas. “Kami akan sangat terbuka dan responsif untuk menjaga keandalan pasokan listrik di RSCM,” kata Sofyan.

Menurut Sofyan, sudah menjadi kewajiban pihaknya selalu menempatkan pelanggan pada kedudukan yang tertinggi. Sebab bagi PLN menurutnya, kepuasan pelanggan adalah yang utama. “Senyum bahagia pelanggan adalah sukses kami,” ujar dia.

Dalam Hari Pelanggan Nasional kali ini, jajaran direksi PLN memang menemui beberapa pelanggan, baik pelanggan premium maupun retail. Selain di Jakarta dan sekitarnya, kegiatan serupa juga dilakukan secara serentak di Indonesia. Dirut meminta seluruh general manager PLN, manajer area, dan manajer rayon PLN dari Sabang sampai Merauke agar mendatangi para pelanggan mereka. Kunjungan ke pelanggan sangat penting untuk mendengarkan suara pelanggan, menampung harapan mereka terhadap layanan PLN, serta mengapresiasi dan memperhatikan masukan dari pelanggan.

Dengan mendengarkan pelanggan, maka mereka dapat mengetahui apa yang pelanggan butuhkan.  Sebagai gambaran, PLN saat ini memiliki 66 juta pelanggan. RSCM termasuk pelanggan premium dan sosial yang memakai daya sebesar 8.660 ribu volt ampere (VA). Rata-rata pemakaian listrik di RSCM dalam enam bulan terakhir mencapai 3.037.933 kilowatt jam (KWH) atau menyedot dana sebesar Rp 2,397 miliar.



Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *