Uncategorized

Pekan Ke-12 Liga 1: Persib Bangkit, Persipura Pesta Gol


REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Gegap gempita sepak bola Indonesia kembali menghibur mata pecinta sepak bola Tanah Air. Liga 1 Indonesia sempat terhenti sampai pekan ke-11. Selama sepekan lebih, klub-klub Liga 1 dapat meliburkan skuat bertepatan dengan momentum lebaran Idul Fitri.

Kurang lebih sepekan pascahari raya Idul Fitri, Liga 1 kembali kick off. Untuk lanjutan pekan ke 12 ini, tersaji delapan pertandingan.

Satu laga dipastikan tertunda yakni antara Sriwijaya FC menjamu Perseru Serui. Pertandingan ini semula diagendakan berlangsung pada 3 Juli di Stadion Jakabaring Palembang. Keduanya terpaksa menunda laga karena panitia pelaksana di Sriwijaya FC tidak mendapat izin keamanan dari aparat kepolisian setempat.

Aparat keamanan di Palembang, masih terfokus untuk mengawal arus balik lebaran. Solusinya Laskar Wong Kito akan menjamu Cendrawasih Jingga pada 2 Agustus mendatang.

Persipura vs Mitra Kukar

Pertandingan pertama pekan ke-12 diawali dengan laga Persipura Jayapura menjamu Mitra Kukar di Stadion Mandala pada Senin (3/7). Laga dua tim yang sama-sama memiliki kualitas seimbang ini ternyata berpihak kepada tuan rumah Mutiara Hitam.

Persipura tanpa ampun menghajar Naga Mekes dengan skor akhir 6-0. Gelandang 22 tahun Prisca Elisa Womsiwor menjadi bintang di laga ini dengan lesakkan hattrick.

Kemenangan besar ini mengangkat posisi Persipura Jayapura ke peringkat tiga klasemen sementara dengan nilai 22. Kini, Boaz Solossa dan kawan-kawan mulai masuk jadi penantang gelar juara Liga 1. Persipura hanya kalah satu angka dari pimpinan klasemen sementara PSM Makassar dan kalah selisih gol dari peringkat dua Madura United. Kemenangan atas Kukar juga menandakan debut pelatih baru Persipura asal Brasil, Wanderley Junior.

Madura United vs Borneo FC

Madura United yang punya kans mengkudeta posisi PSM dari posisi teratas malah keok di markas Pusamania Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda, Selasa (4/7). Semula Laskar Sape Kerrab berniat naik ke puncak sekaligus menodai catatan tak pernah kalah Borneo di kandang. Tapi kenyataan berkata lain. Borneo asuhan Dragan Djukanovic menang meyakinkan dengan skor 3-0.

Hasil lengkap Liga 1 pekan ke-12. (Sumber: Twitter/@Liga1Match)

Persib Bandung vs PSM Makassar

Kekalahan yang dialami MU menjadi peluang bagi PSM dapat menjauh dari kejaran. Namun, Ayam Jantan dari Timur melakoni laga berat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu (5/7) malam WIB. Lewat pertandingan alot, PSM harus mengakui kekalahan tipis 2-1 dari Persib. Kekalahan ini tak membuat posisi PSM bergeser.

Tapi bagi Persib, kemenangan atas PSM menjadi momentum kebangkitan. Persib pada pekan ke-11 sempat terperosok ke papan bawah tepatnya peringkat 14. Kini dengan 19 angka, Maung Bandung berhak atas peringkat delapan. Persib hanya tertinggal empat angka saja dari PSM.

Bhayangkara FC vs Barito Putera

Satu lagi yang cukup mengejutkan adalah kekalahan Bhayangkara FC di kandang sendiri dari tim tamu Barito Putera. Bhayangkara sebenarnya punya kans naik ke puncak seandainya mereka mampu menekuk Laskar Antasari di kandang Stadion Patriot. Karena The Guardian hanya kalah dua angka dari PSM. Tapi Barito lebih siap untuk menang dan membawa pulang tiga angka berkat kemenangan tipis 1-0.

Klasemen Liga 1 hingga pekan ke-12. (Sumber: Twitter/@Liga1Martch)



Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *