Uncategorized

PB PASI Belum Pikirkan Target Medali Emas Asian Games 2018


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengurus Persatuan Atletik Indonesia (PB PASI), belum memikirkan target pencapaian medali emas Asian Games 2018. Sekjen PASI, Tigor Tanjung mengatakan, yang ada saat ini, yaitu memastikan program kepelatihan atletik berjalan sampai tahun mendatang.

“Bicara atletik itu, tidak hanya memikirkan tentang memetiknya. Tetapi, lebih kepada bagaimana cara kita menanamnya,” kata Tigor saat ditemui di Jakarta, pada Jumat (13/10).

Ia mengatakan, PASI memang tak pernah memikirkan khusus tentang target perolehan medali dari setiap gelaran. Namun, Tigor mengatakan, jika menengok hasil SEA Games 2017, PB PASI patut bangga dengan perolehan medali yang dibawa pulang.

Tercatat dari cabor atletik, menjadi penyumbang terbanyak medali emas. Dari total 38 medali yang dibawa pulang, lima di antaranya milik atletik. Perolehan tersebut, membuat atletik Indonesia, ada di peringkat ke-4 dengan total raihan sebanyak 15 medali.

“Dari itu, kita harapkan di Asian Games 2018 nanti, bisa lebih baik lagi,” kata dia.

PB PASI, saat ini kata dia, punya dua sasaran gelaran usai SEA Games Malaysia. Asian Games, memang menjadi salah satunya. Namun, kata dia, regenerasi atlet, mendesak PB PASI juga fokus pada kejuaraan junior internasional. PB PASI, pun mengharapkan para atletnya, mampu mendapatkan hasil lebih pada Olimpiade 2020.

Tigor membeberkan, sejumlah rencana program bagi para atlet, sudah disiapkan menjelang Asian Games. Saat ini, kata dia, para atlet memang dalam masa istirahat aktif. “Artinya, mereka tidak latihan, tapi dibolehkan berolahraga bebas untuk kebugaran fisik,” ujar dia.

Periode istirahat aktif tersebut, dijadwalkan sampai akhir tahun ini. Tetapi, pada akhir Januari 2018, persiapan menuju Asian Games, mulai dilakukan. Pada Februari, kata dia test event atletik Asian Games, mulai dilakukan.

Kata dia, dalam test event tersebut, rencananya akan mengundang 20 negara peserta Asian Games. Itu kata dia, dengan asumsi sedikitnya ada 600 atlet atletik yang akan ambil bagian. INASGOC sudah memastikan test event itu digelar di Lapangan Madya, komplek olahraga Gelora Bung Karno (GBK).

Ketua PB PASI, Mohamad Bob Hasan pun menyampaikan harapannya agar atletik Indonesia bisa lebih baik di gelaran Asian Games. Kata dia, sebagai negara tuan rumah, tentu menjadi motivasi sendiri bagi para atletnya untuk meraih yang lebih baik dari hasil SEA Games lalu.

Menurut Bob, hasil SEA Games Agustus lalu, pun semestinya tak cuma menghasilkan lima medali emas. Seharusnya kita berhasil dapat 10 medali emas, kata dia. Tetapi, kondisi tak prima dan masalah cedera para atletnya, membuat target perolehan medali emas itu, tak tercapai.



Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *