Uncategorized

Kisah Bocah SD yang Hadiahi Bedah Rumah Untuk Sang Nenek Sebatang Kara ini Jadi Viral


Palingseru.com – Kisah inspiratif datang dari siswa SD Negeri 1 Gunung Karung, Kecamatan Maniis, Purwakarta, Jawa Barat.

Para bocah ini memberi hadiah bedah rumah kepada seorang nenek bernama Enung (56).

Nenek Enung sendiri tinggal sebatang kara di sebuah gubuk yang sudah hampir rubuh lapuk dimakan usia. Tiang penyangga rumahnya pun hampir habis dimakan rayap.

Tapi persoalan tersebut akan segera berakhir.

Sekelompok anak dermawan kini telah merehab rumahnya, setelah mengusulkan kepada guru mereka.

“Kami amini keinginan mereka untuk merehab rumah ibu Enung dengan dibantu kepala sekolah dan guru, alhamdullilah secara bertahap rumah bu Enung bisa direhabilitasi,” ujar Yayan Rusyana, Kepala SD I Gunung Karung, seperti dikutip Tribunnews.com, Rabu (11/10).

Kerjasama dan kekompakan siswa dan guru di SD Negeri Gunung Karung I menjalankan kebijakan ‘beras perelek’ secara bertahap mulai bermanfaat bagi warga kurang mampu di sekitar sekolah.

Beras perelek sendiri adalah tradisi kearifan lokal di Jawa Barat yang diadopsi dalam kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta sejak setahun terakhir.

Tradisi itu menekankan gotong royong dalam bentuk pengumpulan beras oleh warga. Namun terkadang ada pula yang memberikan uang.

“Dari pengumpulan beras perelek, terkumpul setiap bulannya Rp 500 ribu dan perbaikannya kami lakukan secara periodik,” kata Yayan.

Saat ini, rumah nenek Enung masih dalam perbaikan. Namun ditargetkan akan selesai dalam waktu tiga bulan.

“Baru 40 persen tetapi targetnya dalam tiga bulan sudah selesai,” katanya.

Sementara itu, salah seorang siswa kelas VI SDN I Gunung Karung, Iwan (12) mengaku meminta guru berpartisipasi dalam bedah rumah ini karena merasa tidak tega dengan nenek Enung. Di sisi lain, rumah itu juga selalu dilewati siswa saat hendak masuk atau pulang sekolah karena posisinya yang berada tepat di depan sekolah.

“Kasian mau roboh kami minta aja ke sekolah buat sekalian bantu juga, selain memberikan beras pada teman kurang mampu,” kata Iwan yang rumahnya tidak jauh dari lokasi sekolah.



Paling Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *