Uncategorized

Bukan Hoax, Negara Ini Sedang Dibangun di Luar Angkasa Lho


Palingseru.com – Negara di luar angkasa? Ini mungkin menjadi kabar yang mengejutkan dan amat mustahil. Tapi, inilah faktanya. Di era modern dan secanggih saat ini tidak ada sesuatu yang tidak mungkin. Terutama soal membangun negara di luar angkasa.

Seperti halnya yang kini tengah dilakukan oleh para ilmuwan di Rusia. Mereka kini tengah membangun “negara antariksa pertama” yang diberi nama Asgardia. Nama yang dicetuskan oleh Igor Ahusrbeyli, selaku ilmuwan asal Rusia ini diambil dari Asgard, kota dalam mitologi Norwegia yang terletak di angkasa dan dihuni para dewa (seperti kota fiktif dalam film Thor),sebagaimana dikutip suratkabar.id.

Meski belum berdiri secara resmi, namun sudah banyak penduduk Bumi yang mendaftarkan diri sebagai Asgardian (julukan warga negara Asgardia).

Menurut New Atlas, saat ini sudah ada 200.000 orang yang mendaftar dari berbagai negara. Salah satunya adalah negeri kita, yakni Indonesia.

Ya, berdasarkan pantauan media dari laman resmi Asgardia, tertera nama Indonesia di nomor urutan 18 dengan angka penduduk 2609 pendaftar.

via: suratkabar.id

Untuk tempat tinggal sendiri, Asgardia akan mengambil konsep desain futuristik, layaknya pesawat luar angkasa mega di film-film science fiction. Wahana tersebut bisa menampung setidaknya 150 juta jiwa, dan dirancang oleh ahli-ahli antariksa dari Kanada, Rumania, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

via: suratkabar.id

Ilustrasi

Meski nantinya akan menyandang status sebagai Asgardian, namun para penduduk Bumi akan memegang kewarnegaraan masing-masing.

Sementara tujuan pembangunan Asgardia, Ahusrbeyli mengungkapkan ada tiga tujuan penting pendiriannya dari aspek saintifik dan teknologi, yakni;

Pertama, untuk menjamin penggunaan antariksa secara damai

Kedua, melindungi Planet Bumi dari ancaman yang datang dari luar angkasa, seperti badai matahari, komet, dan sampah-sampah yang beredar di orbit Bumi.

Dan yang ketiga, adalah untuk menciptakan basis pengetahuan di luar angkasa yang didemiliterisasi dan bebas diakses siapapun, khususnya negara-negara berkembang yang saat ini belum memiliki akses ke antariksa.

Yang mengejutkannya, negara antariksa ini akan segera meluncurkan satelit pertamanya “Asgardia-1” ke luar angkasa tahun ini, tepatnya pada musim gugur sekitar bulan September. Satelit tersebut akan membawa informasi mengenai konstitusi, bendera, dan data dari hingga 1,5 juta warga negara antariksa tersebut.

“Asgardia-1 akan mengawali era baru antariksa, membawa warga negara kami ke luar angkasa dalam bentuk virtual, sebagai awal,” kata Ashurbeyli di Hong Kong, Selasa (13/6/2017), dikutip beritagar.id.

“Ia akan menjadi batu fondasi kami, dari mana kami akan mencoba menciptakan sebuah jaringan satelit yang akan membantu melindungi planet kami dari asteroid, suar surya, sampah antariksa buatan manusia, dan ancaman lain dari luar angkasa,” sambungnya.

Sementara satelit kedua dijadwalkan akan meluncur pada tahun 2018 mendatang.

Bagaimana menurutmu? Apakah berminat untuk menjadi bagian dari warga Asgardia?



Paling Seru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *