Uncategorized

Arus Mudik ke Jateng di GT Palimanan Melonjak


REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah yang melewati Gerbang Tol Palimanan mulai tampak padat. Menurut Kasat Lantas Polres Cirebon, Ahmat Troy Aprio SIK, pada Kamis (22/6) hari ini atau H-3 Lebaran, merupakan awal daripada puncak arus mudik tersebut.

Untuk itu, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah antisipasi. Misalnya, sejumlah petugas diterjunkan di depan GT Palimanan untuk membantu para pemudik membayar tol. Tujuannya, agar tak terjadi penumpukan yang lama di pintu-pintu Tol Palimanan. Selain itu, aparat kepolisian setempat juga terus mengatur lajur kendaraan kecil hingga besar sehingga tertib memasuki GT Palimanan.

“Jadi kita ‘jemput bola’ untuk membantu para pemudik menyiapkan uang pas dan sebagainya sehingga transaksi di GT Palimanan terbantu kecepatannya,” kata Kasatlantas Polres Cirebon, Ahmat Troy Aprio, saat ditemui di tepi GT Palimanan, Cirebon, Kamis (22/6).

Tim dari Polres Cirebon terjun ke jalan tol sekitar GT Palimanan untuk mengimbau masyarakat setempat yang hendak berjualan asongan agar menjauh.

Troy juga meminta para pemudik untuk mematuhi arahan petugas di lapangan. Di antaranya agar membeli makanan atau minuman di lokasi rehat (rest area) yang telah disediakan.

“Kami imbau agar pemudik yang ingin istirahat atau membeli makanan, arahkan ke rest area yang sudah disiapkan pihak pengelola tol, yakni di Rest Area km. 207, tak jauh dari sini,” ujar dia.

Sejak pagi hari ini, kepolisian juga telah menutup lokasi parking bay yang terletak setelah GT Palimanan. Di sana, umumnya pengemudi yang rehat melakukan shalat dan menggunakan toilet.

Penutupan parking bay itu lantaran kapasitas rest area masih mencukupi untuk didatangi para pemudik.

Parking bay bisa digunakan bila rest area di seluruh jalur tol sudah penuh, sedangkan kami dapat info, Rest Area km. 207 masih dapat menampung,” jelas dia.

Sebagai informasi, sejak pukul 00.00 WIB sampai pukul 06.00 WIB pagi hari ini, Kamis (22/6), ada sekitar 13.700 unit kendaraan yang melewati GT Palimanan dari arah Jakarta.

Sementara, sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB tercatat penambahan jumlah kendaraan yang masuk melalui GT Palimanan sebanyak 7.400 unit. Troy memperkirakan, puncak arus mudik di GT Palimanan terjadi pada H-2 atau Jumat (23/6) esok.



Republika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *